JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Model Problem-Based Learning Berbasis Praktikum: Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kotamobagu

Salva Dafina Makalalag (Department of Biology, FMIPAK, Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Rudi A. Repi (Department of Biology, FMIPAK, Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Alfonds A. Maramis (Department of Biology, FMIPAK, Universitas Negeri Manado, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Kurangnya pemanfaatan kegiatan praktikum dalam pembelajaran dan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kotamobagu melalui model problem-based learning (PBL) berbasis praktikum pada materi struktur tumbuhan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kotamobagu pada bulan Maret 2024, dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Subjek dari penelitian ini adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas akan diberikan tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh model problem-based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 2 Kotamobagu. Hal ini didasarkan pada hasil uji t dengan menggunakan IBM SPSS for Windows jika nilai Sig. (2-tailed) < Alpha Penelitian (0,05), yaitu 0.045<0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi struktur rumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 2 Kotamobagu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...