Kurangnya pemanfaatan kegiatan praktikum dalam pembelajaran dan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kotamobagu melalui model problem-based learning (PBL) berbasis praktikum pada materi struktur tumbuhan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kotamobagu pada bulan Maret 2024, dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Subjek dari penelitian ini adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas akan diberikan tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh model problem-based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 2 Kotamobagu. Hal ini didasarkan pada hasil uji t dengan menggunakan IBM SPSS for Windows jika nilai Sig. (2-tailed) < Alpha Penelitian (0,05), yaitu 0.045<0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi struktur rumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 2 Kotamobagu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024