JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Metode Group Investigation Pada Materi Shalat Jamak Qashar di Kelas 7.2 SMPN 1 Kedungwaringin

Ahlana, Ahnaf Dhoif Hikma (Unknown)
Mufida, Rizka Zakia (Unknown)
Anisa, Salsabillah Dani Nur (Unknown)
Farida, Nur Aini (Unknown)
Makbul, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan apakah keaktifan siswa telah meningkat atau tidak. ketika bertanya serta menyampaikan pendapat pada hasil belajar sholat jamak dan qashar di kelas. 33 siswa, di kelas 7,2 SMPN 1 siswa Kedungwaringin, adalah subjek penelitian ini. Studi ini menggunakan metode pembelajaran kooperatif untuk pembelajaran tipe (Group Investigation). Penelitian PTK adalah jenis yang sedang digunakan pada penelitian ini. Setiap siklus memiliki beberapa tahapan untuk perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, analisis data yang peneliti dilakukan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan Siklus II menunjukkan peningkatan dari siklus I. Metode pembelajaran yang berbasis kooperatif learning tipe Group Investigation menunjukan peningkatan secara berurutan dari siklus I ke siklus II serta respon siswa pada penerapan metode pembelajaran yang berbasis kooperatif learning tipe Group Investigation selama dua siklus adalah positif. Pembelajaran dengan menerapkan metode Group Investigation cukup efektif dikarenakan siswa sudah terbentuk kemampuan dalam menyampaikan pendapat dan bertanya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...