Minimnya model pembelajaran berbasis proyek dan tidak adanya proses pembelajaran dua arah turut menyebabkan buruknya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sistem pernafasan manusia di kelas XI SMA Negeri 1 Motoling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan project-based learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem pernapasan manusia di kelas XI SMA Negeri 1 Motoling. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Motoling pada bulan Maret 2024 dengan menggunakan pendekatan eksperimen semu. Kelas eksperimen pada penelitian ini terdiri dari siswa kelas XI-3, sedangkan kelas kontrol terdiri dari siswa kelas XI-6. Kedua kelas akan menjalani penilaian hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis proyek (PJBL) memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem pernapasan manusia di kelas XI SMA Negeri 1 Motoling. Hasil uji t yang dihasilkan dengan menggunakan Microsoft Excel menunjukkan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 6,38 > 1,69. Oleh karena itu hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Bukti menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis proyek (PJBL) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sistem pernafasan manusia di kelas XI SMA Negeri 1 Motoling.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024