Dalam proses pembelajaran Biologi, sangat penting untuk fokus pada pengembangan pemahaman konseptual siswa, yaitu dengan memperluas pengertian yang belum lengkap menjadi komprehensif dan akurat. Konsep ini sering kali menyimpang dari konsep sebenarnya. Kesalahpahaman mengacu pada perbedaan dari pemahaman konseptual. Kesalahpahaman adalah gagasan awal yang tidak sejalan dengan konsep ilmiah yang didukung oleh para ahli. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai sejauh mana miskonsepsi siswa terhadap konsep biologi di SMA Negeri 9 Halmahera Timur dengan memanfaatkan Certainty of Response Index. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas X MIA SMA Negeri 9 Halmahera Timur. Pengumpulan data dalam penelitian ini melibatkan pemberian tes diagnostik pilihan ganda beralasan yang terdiri dari 50 item. Setiap item disertai dengan Certainty of Response Index (CRI) siswa pada tiga topik: Keanekaragaman Hayati (15 pertanyaan), Virus (17 pertanyaan), dan Ekosistem (18 pertanyaan). Data tersebut dilakukan analisis kualitatif, yang mengarah pada perolehan kesimpulan berdasarkan hasil analisis. Materi Virus mempunyai tingkat miskonsepsi yang paling tinggi diantara ketiga materi yaitu sebesar 47%. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum memahami secara jelas materi Virus, berbeda dengan materi Keanekaragaman Hayati yang memiliki tingkat miskonsepsi sebesar 13%, dan ekosistem yang mengalami miskonsepsi sebesar 20%. Secara umum, prevalensi miskonsepsi siswa masih cukup rendah, yaitu sebesar 35%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024