JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Persepsi Peserta Didik terhadap Teknologi Geospasial pada Pembelajaran Geografi Kelas X SMAN 2 VII Koto Sungai Sarik

Aulia, Yona (Unknown)
Novio, Rery (Unknown)
Susetyo, Bigharta Bekti (Unknown)
Anggreyni, Dara (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Teknologi geospasial ialah teknologi yang digunakan untuk mengukur, menganalisis, dan memvisualisasikan objek atau fenomena di planet bumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa kelas X tentang teknologi informasi geografis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Total random sampling pada 51 orang siswa kelas X digunakan untuk memilih subjek penelitian ini. Data penelitian dikumpulkan dengan metode kuisioner semi terbuka yang terdiri dari 25 pertanyaan yang diberi pilihan jawaban iya, tidak, dan lainnya. Hasil pnelitian menunjukkan bahwa terdapat 74,02% peserta didik menjawab iya, pada indikator penggunaan aplikasi teknologi geospasial dalam pembelajaran terdapat 70,87% peserta didik menjawab iya pada indikator penggunaan teknoogi geospasial dalam kehidupan sehari-hari terdapat 81,37% peserta didik menjawab iya. Banyak peserta didik yang belum menggunakan aplikasi teknologi geospasial dalam pembelajaran, sehingga diharapkan guru memaksimalkan penggunaan teknologingeospasial sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...