JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan E-Book Berbantuan Flipbook Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai

Annisa, Annisa (Unknown)
Zulfa, Zulfa (Unknown)
Husnita, Liza (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembaharuan kurikulum dan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), minimnya ketersediaan buku paket yang digunakan sebagai bahan ajar sehingga membuat siswa sulit mendapatkan buku sebagai sumber belajar. Penelitian ini Pengembangan E-Book berbantuan Flipbook Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Sejauh mana Validitas dan Praktikalitas Pengembangan e-book berbantuan flipbook pada mata pelajaran sejarah?. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mendeskripsikan pengembangan e-book berbantuan Flipbook pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R & D). Model Penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: tahap Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develope (Pengembangan), dan Dessiminate (Penyebaran). Hasil dari penelitian ini yaitu, pengembangan e-book pada mata pelajaran sejarah melalui tahap validasi dari para ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media yang memperoleh hasil e-book 90% dengan kategori “Sangat Valid”. E-Book dinyatakan Praktis setelah dilakukan uji praktikalitas guru menggunakan angket yang memperoleh hasil 94,44% dan praktikalitas peserta didik diperoleh hasil total skor 1.342 dengan tingkat persentase 86,58% dengan kategori “Sangat Praktis”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...