JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pelaksanaan Pembelajaran Berdifernsiasi dalam Kurikulum Merdeka

Ansari, Sofia (Unknown)
Dafit, Febrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran berdiferensiasi digunakan dalam kurikulum merdeka di SD Negeri 21 Pekanbaru dan masalah yang muncul terkait dengan implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah alat penelitian. Data dianalisis melalui urutan langkah yang melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, yang didasarkan pada teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran berdifernsiasi di kurikulum medeka dengan menggunakan 4 indikator pembelajaran dan memuat materi-materi sesuai proses , produk dan lingkungan belajar. Adapun 4 indikator pembelajaran yaitu indikator materi pembelajaran harus sesuai dengan Tingkat kesiapan, indikator proses pembelajaran harus disesuaikan dengan minat dan profil belajar peserta didik, dan gaya belajar peserta didik harus disesuaikan dengan kemampuan mereka masing-masing. indikator produk peserta didik dapat menghasilkan produk yang disuruh guru sesuai dengan kemampuannya masing-masing dan indikator lingkungan pada proses pembelajaran guru masih melaksanakan pembelajaran di dalam kelas dan memanfaatkan fasilitas ruangannya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...