JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Dampak Kebijakan Moneter Islam terhadap Stabilitas Harga dan Inflasi

Rahma, Aulia (Unknown)
Rangkuti, Laila Rahmayuni (Unknown)
Najiyah, Chindy Jihan (Unknown)
Batubara, Maryam (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Manajemen ekonomi nasional terutama bergantung pada kebijakan moneter. Namun, keragaman sistem ekonomi saat ini akan menyebabkan perspektif kebijakan moneter yang berbeda. Tujuan ekonomi moneter Islam ialah untuk mempromosikan keadilan dan masyarakat amal. Studi ini memeriksa efek kebijakan moneter Islam pada stabilitas harga dan inflasi. Studi berikut menggunakan kajian literatur (Library Research). Semua penjelasan tentang subjek penelitian bersifat deskriptif dan telah dikumpulkan dari berbagai sumber bibliografis. Metode dekomentasi digunakan untuk mengumpulkan data, dan sumber data yang digunakan ialah data sekunder, yang merupakan informasi yang dapat dibaca atau digunakan untuk memikirkan studi, seperti jurnal, buku, bacaan online, dan referensi bibliografi. Hasil penelitian ialah (1). Sektor riil didukung oleh kebijakan moneter syariah. Agar sampai pada maksud yang dituju, uang dan lembaga perbankan harus digunakan untuk mencapai tujuan itu. Chapra mengklaim bahwa kebijakan moneter bermaksud agar menciptakan sosioekonomi Islam. Dengan implementasi kebijakan moneter syariah ini, diharapkan akan mempertahankan inflasi pada tingkat moderat. Karena uang fiat ialah sumber inflasi utama, akan selalu ada masalah inflasi, apakah ekonomi kapitalis atau Islam. (3). Diperkirakan bahwa dampak kebijakan moneter syariah akan cukup untuk menjaga inflasi pada tingkat moderat. Karena selalu ada inflasi dengan mata uang fiat, terlepas dari ekonomi kapitalis atau Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...