Gaya hidup, yang mencerminkan nilai-nilai, preferensi, dan kebiasaan individu, dapat mendorong perilaku konsumtif terutama jika berorientasi pada kemewahan dan status sosial. Di sisi lain, literasi keuangan yang baik memberikan individu pemahaman yang lebih mendalam tentang pengelolaan uang, investasi, dan perencanaan keuangan, yang dapat menyeimbangkan dorongan konsumtif tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan (1)Gaya Hidup berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Prilaku Konsumtif dengan nilai signifikasinya sebesar 0.0011 < 0,05 yang berarti bahwa Gaya Hidup (X1) bernilai Positif dan berpengaruh signifikan terhadap kelengkapan Prilaku Konsumtif (Y), (2) Literasi Keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap prilaku konsumtif dengan Nilai signifikasinya sebesar 0.0411 Literasi Keuangan (X2) memiliki pengaruh Positif Signifikan terhadap Prilaku Konsumtif (Y). (3) Dan secara simultan gaya hidup dan literasi keuaangan berpengaruh postif signifikan terhadap prilaku konsumtif dengan nilai signifikasi sebesar 0,000034 < 0,05 yang berarti bahwa Gaya Hidup X1 , Literasi Keuangan (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Prilaku Konsumtif laporan keuangan
Copyrights © 2024