JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Kualitas Pelayanan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis

Wella Dwi Ananda (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Pivit Septiary Chandra (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor. Penelitian ini didasarkan pada fenomena penerbitan surat tanpa uji sertifikat. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Zeithaml, et al. (1990) dengan 5 indikator yaitu Tangible, Reliability, Responsiviness, Assurance, dan Empathy. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor Kantor Perhubungan Kabupaten Bengkalis belum maksimal, hal ini dibuktikan dengan minimnya penerapan aspek penjaminan, yang memungkinkan kegiatan administrasi tidak sesuai prosedur. Dalam hal ini, terdapat beberapa kendala dalam melihat kualitas pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, yaitu masih terdapat beberapa pelayanan yang belum sesuai dengan SOP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...