JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Bimbingan Klasikal dengan Media Temu dan Susun Kata untuk Melatih Kerjasama Siswa dalam Kelompok

Rohmawati, Laili Indah Sari (Unknown)
Meiningsih, Sapta (Unknown)
Christiana, Elisabeth (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerjasama kelompok siswa dalam pembelajaran melalui pendekatan bimbingan klasikal yang memanfaatkan media permainan temu dan susun kata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penlitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX C dari SMP Negeri 21 Surabaya. Pengumpulan data penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner pre-test yang diberikan sebelum penerapan layanan dan kuesioner post-test diberikan setelah penerapan layanan dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan bimbingan klasikal dengan media temu dan susun kata dianggap efektif dalam meningkatkan kerjasama kelompok siswa. Kesimpulannya, penggunaan media temu dan susun kata dalam bimbingan klasikal dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kerjasama kelompok siswa di tingkat SMP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...