JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) terhadap Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Siswa Kelas V SDN 091699 Gunung Bayu Tahun Ajaran 2023/2024

Chairul Anwar (Universitas Negeri Medan)
Fahrur Rozi (Unknown)
Halimatusakdiah Halimatusakdiah (Universitas Negeri Medan)
Halimatusakdiah Perangin-Angin (Universitas Negeri Medan)
Faisal Faisal (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran ICM berdampak pada keterampilan membaca teks Deskripsi siswa kelas V Gunung Bayu SDN 091688 pada tahun pembelajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 091688 Gunung Bayu yang berjumlah 80 siswa yang akan ditempatkan dalam 2 kelompok yang berbeda yaitu 40 siswa di kelompok eksperimen dan 40 siswa lagi di kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen yang berjenis quasi eksperimen desain. Tes keterampilan membaca teks digunakan dalam mengumpulkan data. Teknik analisis data penelitian digunakan rumus t tes. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa thitung yaitu 2,469 dimana nilai t tabel adalah 1,683 maka diperoleh t hitung .> ttabel atau 2,469 >1,683 sehingga dapat di simpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran ICM dapat mempengaruhi keterampilan membaca teks deskripsi siswa kelas V SDN 091688 Gunung Bayu Tahun Pembelajaran 2023/2024 dengan baik dan memuaskan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...