JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Kepercayaan Diri untuk Anak Usia Dini melalui Kegiatan Menari

Auliani, Rizky (Unknown)
Tasya, Luthfiyyah (Unknown)
F, Rhea Aquilla. (Unknown)
P, Muawiyah Lani. (Unknown)
Lubis, Hilda Zahra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Menginvestigasi kepercayaan diri anak-anak melalui kegiatan menari adalah tujuan dari penelitian ini. Di TK Puspa Hati Tanjung Morawa, Simpang Sinalko, subjek penelitian ini adalah anak-anak dan pengajar. Dengan tujuan untuk memberikan gambaran yang rinci mengenai fenomena yang diteliti dengan tetap mempertahankan status quo, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dengan mengumpulkan data secara langsung dan menganalisisnya dengan cermat, pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam. Investigasi lapangan, wawancara, dan tinjauan literatur adalah tiga metode utama yang digunakan untuk mengumpulkan data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Analisis kepercayaan diri anak usia dini melalui kegiatan tari merupakan subjek penelitian di TK Puspa Hati Tanjung Morawa, dan temuannya cukup menggembirakan. Berdasarkan observasi, wawancara dengan guru dan orang tua, serta kuesioner yang diisi oleh anak-anak, kegiatan menari terbukti memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kepercayaan diri anak-anak. Anak-anak yang rutin mengikuti kegiatan menari menunjukkan peningkatan kepercayaan diri yang nyata. Mereka menjadi lebih berani tampil di depan kelas dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan. Anak-anak yang pada awalnya pemalu dan enggan tampil di depan teman-temannya mulai menunjukkan keberanian dan merasa nyaman tampil di depan orang lain. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan menari mampu membantu anak-anak mengatasi rasa malu dan cemas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...