JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Wacana Kritis Fairclough terhadap Putusan MK: Kelayakan Capres-Cawapres di Bawah Usia 40

Rosmawati Sianipar (Universitas Negeri Jakarta)
Miftahulkhairah Anwar (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Analisis wacana kritis Fairclough terhadap keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai kelayakan calon presiden dan wakil presiden di bawah usia 40 tahun telah mengungkapkan kompleksitas politik, sosial, dan ideologis yang melingkupi keputusan tersebut. Melalui pendekatan analisis wacana kritis, penelitian ini memperlihatkan bagaimana bahasa digunakan untuk mereproduksi kekuasaan, membangun legitimasi, dan memengaruhi persepsi masyarakat terhadap keputusan hukum. Analisis juga menyoroti hubungan erat antara kekuasaan politik dan proses peradilan, serta pengaruh konteks sosial-budaya dalam penafsiran terhadap keputusan MK. Selain itu, temuan menunjukkan bahwa ideologi memainkan peran penting dalam pembentukan keputusan MK, memengaruhi keadilan dan kesetaraan dalam sistem hukum. Implikasi dari keputusan MK juga meluas ke dalam dinamika politik dan sosial, memicu perubahan dalam lanskap politik dan memengaruhi legitimasi lembaga peradilan. Rekomendasi untuk memperhatikan aspek bahasa dalam pembuatan keputusan hukum, melakukan penelitian lebih lanjut dengan perspektif analisis hukum konstitusi dan pendekatan sosiologis, serta memastikan transparansi dan inklusivitas dalam proses pembuatan keputusan hukum, diharapkan dapat memperkuat integritas dan keadilan dalam sistem hukum Indonesia. Dengan demikian, analisis wacana kritis Fairclough memberikan pemahaman yang mendalam tentang kompleksitas keputusan hukum dalam konteks sosial, politik, dan ideologis, serta memberikan kontribusi yang bermakna dalam memperbaiki sistem hukum dan meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...