JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Motivasi Belajar Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi di Jurusan Pendidikan Ekonomi dalam Menyelesaikan Studi Lulus Tepat Waktu

Rahmawati, Anisa (Unknown)
Afriza, Edi Fitriana (Unknown)
Sadiah, Ati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami motivasi belajar mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi. Beasiswa Bidikmisi memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa kurang mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik untuk menempuh pendidikan tinggi. Penelitian ini menggunakan teori humanistik dari Robert dengan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi melibatkan seluruh mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi Pendidikan Ekonomi angkatan 2019, dengan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terkait motivasi mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki motivasi intrinsik untuk mencapai IPK tinggi dan mahasiswa memiliki dorongan untuk lulus tepat waktu melalui dukungan dari orangtua, dosen, dan ketua jurusan. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa Beasiswa Bidikmisi memberikan motivasi kepada mahasiswa tetapi memerlukan dukungan dari Ketua Jurusan dan Dosen dalam pengawasan pemberian beasiswa di Jurusan Pendidikan Ekonomi. Peneliti merekomendasikan pemerintah untuk terus menyelenggarakan program ini sebagai kontribusi besar dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...