JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Strategi Sensory Marketing untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen pada Restoran Tradisional di Indonesia

Fatik Rahayu (Universitas Trisakti)
Mirabel Zahra (Universitas Trisakti)
Adita Rosdiana (Universitas Trisakti)
Kintania Nadhirah N (Universitas Trisakti)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Penggunaan sensorik pemasaran merupakan langkah penting dalam menciptakan pengalaman yang berkesan bagi pelanggan di restoran tradisional.Pada penelitian ini pengajuan hipotesis dilakukan untuk menentukan apakah terdapat pengaruh antar variabel yang akan diteliti, yaitu Visual, Auditory, Taste, Olfaction, Haptic terhadap Satisfaction. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian menggunakan jenis data waktu cross sectional Penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian kuantitatif, karena bertujuan untuk menganalisis dampak positif dari pemasaran sensorik terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa , indikator visual, rasa, penciuman, dan haptik berpengaruh positif dalam memberikan kepuasaan kepada pelanggan atau kepuasan dalam startegi sensory marketing dengan pengaruh paling besar yaitu Taste dengan nilai estimasi sebesar 0,435. Indikator Auditory tidak berpengaruh positif atau tidak dapat berpengaruh langsung terhadap kepuasan. Penelitian ini juga mengidentifikasi keterbatasan dan menyarankan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi variabel lain yang mungkin mempengaruhi kepuasan konsumen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...