JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sarana Prasarana Perpustakaan Digital terhadap Kepuasan Siswa SMK Labor Pekanbaru

Novriani, Alya Surya (Unknown)
Bunari, Bunari (Unknown)
Gimin, Gimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

SMK Labor Pekanbaru merupakan salah satu SMK Negeri yang berada di kota Pekanbaru Riau yang didirikan sejak tahun 1988. Perpustakaan SMK Labor Pekanbaru merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan sistem perpustakaan digital. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan antara kualitas pelyananan perpustakaan digital terhadap kepuasan siswa smk Labor Pekanbaru (2) untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan antara sarana parasaran perpustakaan digital terhadap kepuasan siswa SMK Labor Pekanbaru (3) untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan dan sarana prasarana perpustakaan digital terhadap kepuasan siswa SMK Labor Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan mengisi kuisioner. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan analisis deskriptif berdasarkan data yang didapatkan dengan tujuan menjawab hipotesis pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y, baik secara parsial maupun secara simultan. Hasil analisis regresi sederhana pengaruh X1 terhadap Y dengan R Square (r2) sebesar 0,772 yang berarti terdapat pengaruh sebesar 77%. Hasil analisis regresi sederhana pengaruh X2 terhadap Y dengan R Square (r2) sebesar 0,518 yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara Sarana Prasarana Perpustakaan Digital (X2) dan Kepuasan Siswa (Y) sebesar 51%. Hasil analisis regresi berganda pengaruh Kualitas Pelayanan (X1) dan Sarana Prasarana Perpustakaan Digital (X2) secara bersama-sama terhadap Kepuasan Siswa (Y) terdapat pengaruh yang signifikan dengan R Square (r2) sebesar 0,772. Hal ini mengartikan bahwa persentase variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan variabel Sarana Prasarana Perpustakaan Digital (X2) secara bersamaan mempengaruhi variabel Kepuasan Siswa (Y) sebesar 77%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...