Latar belakang dari penelitian ini adalah permasalahan terhadap rendahnya kemampuan keaksaraan awal anak, khususnya dalam kemampuan mengenal huruf. Permasalahan ini terlihat bahwa anak belum mampu mengenal bentuk huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan metode pembelajaran menyusun huruf melalui media loose part dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan awal pada anak usia dini. Metode ini melibatkan penggunaan media loose part sebagai media untuk membentuk huruf menjadi kata, dengan tujuan utama menstimulasi keterampilan keaksaraan awal anak. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain penelitian tindakan kelas, yaitu pendekatan penelitian yang dilakukan guru dalam lingkungan kelas mereka sendiri untuk memecahkan masalah konkret yang mereka hadapi dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan media loose part untuk menunjang stimulasi kemampuan keaksaraan awal. Penelitian ini melibatkan 15 anak 5-6 tahun di TK Izzatul Islam. Penelitian ini dilakukan dua siklus dengan pelaksanaan 5 hari pada setiap siklusnya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi sebelum dan setelah dilakukan tindakan. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan keaksaraan awal siswa di kelas. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media loose part cukup efektif sebagai metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia dini. Penelitian ini memiliki dampak positif dalam pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan berorientasi pada kebutuhan perkembangan anak. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada perbaikan pendekatan pembelaaran di Tingkat pendidikan anak usia dini.
Copyrights © 2024