JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Kegiatan Literasi di SMP Swasta Idanoi

Laoli, Tri Rahmat (Unknown)
Gea, Theresia Jeni Kristiani (Unknown)
Zendrato, Listariani (Unknown)
Harefa, Noveri Amal Jaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Kegiatan literasi merupakan serangkaian aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan minat dalam membaca, menulis, dan berpikir kritis. Yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah siswa smp swasta idanoi berjumlah 21 orang, laki-laki : 8 orang perempuan 13 orang. Menurut sugiyono (2020:131) analisis data adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, kuesioner, catatan lapangan, dengan cara mengorganisasikan data dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, dan menyusun kedalam pola. Hasil kuesioner dari 21 siswa setelah dijumlahkan sebanyak 65% dan wawancara untuk guru 75%. Disimpulkan bahwa kegiatan literasi di SMP Swasta Idanoi dapat meningkatkan keterampilan membaca, menulis, dan berpikir kritis siswa. Peneitian ini menunjukkan bahwa pentingnya kegiatan literasi untuk mendukung keterampilan membaca, menulis dan berpikir kritis siswa di SMP Swasta Idanoi sekalis mendukung proses pembelajaran didalam sekolah. Hal ini tidak hanya relevan dalam konteks pendidikan formal tetapi juga mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan kompleks dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan siswa. Selain itu, kegiatan menulis dan berpikir kritis yang didorong oleh literasi membantu siswa untuk mengasah keterampilan berpikir analitis dan komunikasi yang penting. Kegiatan literasi di SMP Swasta Idanoi tidak hanya meningkatkan keterampilan akademis, tetapi juga membentuk individu yang lebih terampil, percaya diri dan berpengetahuan luas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...