JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Kecerdasan dan Etika Bekal Utama Seorang Mahasiswa Sejati

Irwansyah, Irwansyah (Unknown)
Harahap, Nabila Aulia Syahdifva (Unknown)
Hasibuan, Windi Fahrizka (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi peran penting kecerdasan dan etika dalam membentuk mahasiswa sejati. Melalui tinjauan literatur dan analisis teori, artikel ini mendefinisikan berbagai jenis kecerdasan, termasuk kecerdasan intelektual, emosional, dan sosial, serta konsep-konsep etika seperti deontologi, utilitarianisme, dan kebajikan (virtue). Kajian ini mengintegrasikan teori multiple intelligences oleh Howard Gardner dan teori etika virtue oleh Aristoteles untuk memahami bagaimana kedua aspek tersebut dapat diterapkan dalam konteks pendidikan tinggi. Hasilnya menunjukkan bahwa kecerdasan tanpa etika dapat menyebabkan penyalahgunaan kemampuan, sementara etika tanpa kecerdasan dapat mengurangi efektivitas tindakan. Oleh karena itu, keseimbangan antara kecerdasan dan etika dianggap krusial untuk membentuk mahasiswa yang cerdas dan berintegritas. Artikel ini merekomendasikan agar pendidik dan institusi pendidikan menekankan pentingnya pengembangan kecerdasan dan etika dalam kurikulum dan program pembinaan mahasiswa. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang komprehensif, serta mendorong penelitian lebih lanjut tentang integrasi antara kecerdasan dan etika dalam pendidikan tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...