JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Menguak Dinamika Peradaban Islam di Massa Kesultanan Usmani

Bramantyo, Fauzan Delasta (Unknown)
Sastrawaty, Nila (Unknown)
Sulaiman, Umar (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dan menguak lebih lanjut tentang dinamika dibalik jejak sejarah Peradaban Islam pada Masa Kesultanan Usmani. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif, Penelitian ini mencoba untuk menggambarkan Dinamika Peradaban Islam Di Massa Kesultanan Usmani. Adapun jenis penelitian ini adalah library research dimana penulis mengumpulkan dan mengkaji materi dari buku, artikel, dan sumber-sumber lainnya yang relevan dengan tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Munculnya dinamika dalam masa Kesultanan Usmaniyah, yang berdiri dari abad ke-14 hingga awal abad ke-20, tidak hanya merupakan kekaisaran terbesar di dunia pada masanya, tetapi juga menjadi pusat kebudayaan, ilmu pengetahuan, sosial, ekonomi dan perpolitikan yang berpengaruh bagi dunia Islam. Kesultanan Usmaniyah memperlihatkan keberagaman dan dinamika yang mencerminkan keterbukaan terhadap berbagai tradisi dan pengaruh budaya dari berbagai wilayah yang dikuasainya dengan tonggak kepemimpinan atau sultan yang memiliki pengaruhnya masing-masing sehingga memperlihatkan kemegahan, eksistensi hingga masa kemundurannya. Kesultanan Usmani banyak meninggalkan jejak yang mana cukup berikan pengaruh dan kontribusi dalam dunia Islam yakni Disintegrasi Politik Dalam Dunia Islam dan juga membangkitkan rasa nasionalisme walaupun terdapat adanya sisi positif maupun negatif tapi secara tidak langsung sangat mempengaruhi warna warni kehidupan dalam dunia Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...