JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Capcut Materi Penjumlahan dan Pengurangan Siswa Kelas I SDN Pakis V Surabaya

Salsabila, Iffah (Unknown)
Yuanta, Friendha (Unknown)
Popiyanto, Yudha (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan produk media video pembelajaran berbasis aplikasi CapCut layak dan efektif yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media video pembelajaran berbasis aplikasi CapCut layak dan efektif digunakan untuk kegiatan belajar siswa kelas I-B SDN Pakis V Surabaya, model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation), pengumpulan data menggunakan instrumen angket uji validasi untuk ahli media, ahli materi, siswa dan tes soal pre-test dan post-test. (4) Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan valid atau layak berdasarkan uji validitas oleh ahli media menghasilkan 93,75% dengan kriteria layak atau valid, ahli materi menghasilkan 97,5% dengan kriteria layak atau valid, siswa menghasilkan 94,3% dengan kriteria layak dan tes hasil belajar siswa 29 siswa rata-rata nilai pre-test menghasilkan 63,50 sedangkan rata-rata nilai post-test menghasilkan 85,70 sehingga hasil belajar meningkat 22,1%. Dari hasil uji coba diatas dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis aplikasi CapCut materi penjumlahan dan pengurangan dinyatakan efektif digunkan dalam proses pembelajaran mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas I-B SDN Pakis V Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...