JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Penerapan Budaya Sekolah melalui Gerakan 5 R di SMK N Jambu

Maulidah, Hikmah (Unknown)
Haryati, Titik (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan budaya sekolah melalui gerakan 5 R di SMK N Jambu. Budaya 5R adalah konsep yang diterapkan terutama dalam lingkungan industri dan kantor untuk menciptakan tempat kerja yang lebih rapi, efisien, dan produktif. Penerapan konsep 5R di SMK N Jambu diterapkan pada kelas, ruang guru, UKS, perpustakaan, bengkel , pantry, resto dan lab. jahit.. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terhadap kegiatan-kegiatan 5 R yang dilakukan secara kontinyu di SMK N Jambu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas dan dampak positif penerapan budaya sekolah melalui gerakan 5 R di SMK N Jambu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian warga SMK N dari mulai kepala sekolah, guru,siswa dan tenaga kependidikan. Sumber data dari penelitian yakni kepala sekolah, guru ,siswa, tenaga kependidikan SMK N Jambu. Tempat observasi dalam penelitian ini berada di SMK N Jambu. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan serta dampak positif dalam budaya sekolah yang lebih kondusif, tertib, nyaman dalam proses pembelajaran dan lebih menitikberatkan pada safety ( keamanan) dalam bekerja. Faktor keberhasilan termasuk komitmen semua warga SMK N Jambu untuk mengimplementasikan budaya 5R dalam beekrja dan belajar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengembangan strategi budaya sekolah 5R di SMK serta menjadi acuan untuk penelitian lanjutan dalam konteks pendidikan yang lebih luas

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...