Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi lapangan dan analisis jenjang kognitif soal pada bahan ajar utama di SMA Negeri 14 Padang. Hasil observasi menunjukkan bahwa keterampilan abad 21 peserta didik kelas X masih rendah dengan persentase rata-rata sebesar 51,8%, sedangkan hasil analisis jenjang kognitif soal menunjukkan bahwa ketersediaan soal belum mampu meningkatkan keterampilan abad 21 peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan modul pembelajaran fisika menggunakan model Treffinger serta mengetahui keefektifan modul pembelajaran fisika menggunakan model Treffinger untuk meningkatkan keterampilan abad 21. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D, meliputi tahap define, tahap design, tahap develop, dan tahap disseminate. Hasil efektivitas modul pembelajaran fisika menunjukkan hasil penilaian dari 34 peserta didik memperoleh persentase 89,7% dengan kategori sangat efektif dan penilaian keterampilan abad 21 peserta didik oleh 2 observer memperoleh persentase 76,7% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran fisika menggunakan model Treffinger untuk meningkatkan keterampilan abad 21 efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024