JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Studi Literatur Sistematis terhadap Perilaku Inovatif pada Guru

Yusrina Dwi Hariyanti (Unknown)
Umi Anugerah Izzati (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Perilaku inovatif sangat dibutuhkan dalam sektor pendidikan, khususnya pada guru yang berperan mentransformasikan pengetahuan kepada siswa. Kompleksitas tugas guru dan perkembangan teknologi menuntut guru untuk bersifat dinamis dan inovatif dalam menghadapi berbagai perubahan. Perilaku kerja inovatif pada guru perlu untuk ditingkatkan dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku inovatif pada guru. Penelitian ini merupakan penelitian systematic literature review (SLR) yang menggunakan artikel ilmiah yang telah dipublikasikan di jurnal internasional dengan rentang tahun 2019 – 2024. Hasil studi literatur diperoleh 10 artikel ilmiah yang merupakan penelitian empiris yang menyatakan bahwa perilaku inovatif dipengaruhi oleh faktor individu dan faktor organisasi. Faktor individu terdiri dari psychological empowerment, quality of work life, hapiness at work, self-efficacy, proactive personality, organizational commitment, work engagement, motivation, digital competencies, dan self-leadership. Faktor organisasi yang mempengaruhi perilaku inovatif yaitu knowledge sharing, learning organization, organizational culture, informal learning, supportive work environment, dan transformational leadership.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...