Perilaku inovatif sangat dibutuhkan dalam sektor pendidikan, khususnya pada guru yang berperan mentransformasikan pengetahuan kepada siswa. Kompleksitas tugas guru dan perkembangan teknologi menuntut guru untuk bersifat dinamis dan inovatif dalam menghadapi berbagai perubahan. Perilaku kerja inovatif pada guru perlu untuk ditingkatkan dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku inovatif pada guru. Penelitian ini merupakan penelitian systematic literature review (SLR) yang menggunakan artikel ilmiah yang telah dipublikasikan di jurnal internasional dengan rentang tahun 2019 – 2024. Hasil studi literatur diperoleh 10 artikel ilmiah yang merupakan penelitian empiris yang menyatakan bahwa perilaku inovatif dipengaruhi oleh faktor individu dan faktor organisasi. Faktor individu terdiri dari psychological empowerment, quality of work life, hapiness at work, self-efficacy, proactive personality, organizational commitment, work engagement, motivation, digital competencies, dan self-leadership. Faktor organisasi yang mempengaruhi perilaku inovatif yaitu knowledge sharing, learning organization, organizational culture, informal learning, supportive work environment, dan transformational leadership.
Copyrights © 2024