JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Hubungan Jarak Tempat Tinggal terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal di SMP Negeri 15 Surabaya

Fernanda, I Made Radito Putera (Unknown)
Priambodo, Anung (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Olahraga memegang peranan penting dalam kegiatan sehari-hari, futsal adalah salah satu olahraga yang paling diminati, namun banyak kalangan yang tidak konsisten dalam berolahraga. Di SMP Negeri 15 Surabaya, ekstrakurikuler futsal menjadi salah satu yang paling diminati. Peserta ekstrakurikuler berasal dari berbagai tempat tinggal, dan semakin jauh dari sekolah, semakin tinggi usaha yang diperlukan untuk berpartisipasi. Namun, dalam beberapa bulan terakhir, terjadi penurunan dan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 15 Surabaya. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar motivasi peserta mengikuti ekstrakurikuler futsal, serta mengetahui adanya hubungan jarak tempat tinggal terhadap motivasi peserta ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 15 Surabaya yang berjumlah 63 peserta didik. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 15 Surabaya Jl. H. Moh. Noer Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan analisis data deskriptif, dengan uji korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan hasil motivasi intrinsik sebesar 59% masuk ke dalam kategori sedang sedangkan perolehan motivasi ekstrinsik sebesar 41% sedang dan berdasarkan analisis data ditemukan bahwa nilai korelasinya yaitu 0,106 ini menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan linear yang signifikan antara jarak tempat tinggal siswa dengan motivasi mereka dalam mengikuti ekstrakurikuler futsal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...