JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V SD Widya Adi Putera Surabaya

Intan Febri Yanti Putri (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Desi Eka Pratiwi (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Friendha Yuanta (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Bahasa Indonesia yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V di SD Widya Adi Putera Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang meliputi empat tahap, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Widya Adi Putera Surabaya yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, efektivitas, dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui : a. Ahli Materi diperoleh hasil 97,2% untuk modul ajar dan 100% untuk bahan ajar interaktif b. Ahli Media diperoleh hasil 94,4% untuk modul ajar dan 97,2% untuk bahan ajar interaktif. Efektivitas bahan ajar dinilai dari respon siswa diperoleh hasil 91,8% untuk modul ajar dan 92,2% untuk bahan ajar interaktif, semetara itu respon guru diperoleh hasil 90,0% untuk modul ajar dan 92.5% untuk bahan ajar interaktif. Peningkatan hasil belajar siswa yang terlihat dari tes hasil belajar 23 siswa dengan diperoleh hasil pre-test dengan rata rata 65.2% dan hasil post-test dengan rata rata 85.6%, sehinggan dapat disimpulkan hasil belajar siswa meningkat 20.4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar yang dikembangkan mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V di SD Widya Adi Putera Surabaya secara signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...