JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Konsumen pada Stand Bunga Pandawa di Kota Sidoarjo

Dimas Yogi Setiawan (STIE Mahardhika Surabaya)
Leonard Adrie Manafe (STIE Mahardhika Surabaya)
Abdul Chamid (STIE Mahardhika Surabaya)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Dalam banyak kegiatan pemasaran termasuk bisnis tanaman atau bunga, kepuasan pelanggan adalah faktor penting bagi keberhasilan bisnis tersebut dan memiliki kemungkinan untuk mempengaruhi loyalitas konsumen di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas konsumen pada Stand Bunga Pandawa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan melakukan pengumpulan data melalui kuesioner kepada konsumen Stand Bunga Pandawa. Sampel penelitian sejumlah 60 responden. Analisis regresi linear berganda menunjukkan pengaruh signifikan dari kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan loyalitas konsumen pada Stand Bunga Pandawa. Proses pengujian data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 23. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya memberikan pelayanan yang baik dan kepuasan yang baik kepada konsumen agar dapat meningkatkan loyalitas konsumen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...