JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa Departemen Ilmu Informasi Dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang Dalam Menggunakan Google Scholar

Fajriati, Dianal (Unknown)
Nelisa, Malta (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Perilaku pencarian informasi merupakan kegiatan mencari informasi oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perilaku pencarian informasi mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Tahun Masuk 2022 dalam menggunakan Google Scholar dengan Model Niedzwiedzka terdiri dari identifikasi kebutuhan informasi, keputusan mencari informasi, pencarian informasi, seleksi dan pemrosesan informasi serta menggunakan informasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian Mahasiswa Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Tahun Masuk 2022 Universitas Negeri Padang berjumlah 203 orang dengan sampel diambil sebanyak 67 mahasiswa menggunakan rumus slovin. Selanjutnya teknik yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa perilaku pencarian informasi mahasiswa dalam menggunakan Google Scholar pada tahapan identifikasi kebutuhan informasi sangat baik dengan skor rata-rata 3,29. Perilaku pencarian informasi mahasiswa dalam menggunakan Google Scholar pada tahapan keputusan mencari informasi baik dengan skor rata-rata 3,22. Perilaku pencarian informasi mahasiswa dalam menggunakan Google Scholar pada tahapan pencarian informasi baik dengan skor rata-rata 3,24. Perilaku pencarian informasi mahasiswa dalam menggunakan Google Scholar pada tahapan seleksi dan pemrosesan informasi baik dengan skor rata-rata 3,23. Perilaku pencarian informasi mahasiswa dalam menggunakan Google Scholar pada tahapan menggunakan informasi baik dengan skor rata-rata  3,18.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...