JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Kekerasan Simbolik di Sekolah (Studi di SDN Gucialit 01, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang)

Atriska, Fresky Edo (Unknown)
Pribadi, Farid (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan bentuk kekerasan, penyebabnya, dan lokasi serta situasi dan kondisi saat terjadinya kekerasan disekolah. Penelitian bersifat kualitatif dan berfokus pada teori postmodern yang diangkat oleh Pieere Bourdieu tentang kekerasan simbolik. Subjek penelitian dipilih menggunakkan teknik purposive sampling dan data dianalisis menggunakkan analisis interaktif. Hasil penelitian mengungapkan bahwa kekerasan simbolik yang terjadi di SD Negeri Gucialit 01 melalui strategi kepala sekolah & guru kelas selaku pihak yang dominan dalam menjalankan kekuasaannya. Hal ini dilakukan untuk menunjang tata tertib sekolah. Bentuk kekerasan yang ada adalah teguran, perintah, hinaan dan ancaman kepada siswa. Adanya kekerasan dengan betuk demikian membuat siswa dipaksa untuk memiliki modal simbolik yang dimiliki oleh kelas menengah keatas. Guru adalah kaum dominan yang telah melanggengkan habitus kelas tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...