JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Investigating EFL Learners' Engagement in Multimodal Vocabulary Learning : A Case Study

Alifa Giecha Tiara (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Hilmansyah Saefullah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Sidik Indra Nugraha (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana pembelajaran bahasa multimodal dengan menggunakan buku audio dan permainan kata digital di Wordwall.net dapat memfasilitasi keterlibatan siswa SMA EFL dalam pemerolehan kosakata bahasa Inggris. Studi kasus kualitatif ini dilakukan di sebuah SMA negeri di Karawang, melibatkan 33 siswa kelas 11. Data dikumpulkan melalui kuesioner pra-studi, jurnal reflektif siswa, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan multimodal ini meningkatkan pemahaman kontekstual kosakata, menciptakan pengalaman belajar multisensori, meningkatkan kemampuan mengingat dan menggunakan kosakata baru, mendorong keterlibatan mandiri dan aktif, serta meningkatkan motivasi siswa. Buku audio menyediakan konteks naratif yang kaya, sementara permainan kata digital memungkinkan interaksi dan praktik aktif. Studi ini berkontribusi pada pemahaman tentang efektivitas pendekatan multimodal dalam pembelajaran kosakata EFL, memperkuat teori pembelajaran multimedia dan menyoroti pentingnya keterlibatan aktif dalam pemerolehan bahasa. Implikasi praktis meliputi integrasi sumber daya multimodal dalam instruksi kosakata dan pengembangan materi pembelajaran bahasa.Keterbatasan penelitian mencakup ukuran sampel yang terbatas dan durasi studi yang singkat. Rekomendasi untuk penelitian masa depan termasuk studi longitudinal dan eksplorasi kombinasi modalitas lainnya dalam pembelajaran kosakata.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...