Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana pembelajaran bahasa multimodal dengan menggunakan buku audio dan permainan kata digital di Wordwall.net dapat memfasilitasi keterlibatan siswa SMA EFL dalam pemerolehan kosakata bahasa Inggris. Studi kasus kualitatif ini dilakukan di sebuah SMA negeri di Karawang, melibatkan 33 siswa kelas 11. Data dikumpulkan melalui kuesioner pra-studi, jurnal reflektif siswa, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan multimodal ini meningkatkan pemahaman kontekstual kosakata, menciptakan pengalaman belajar multisensori, meningkatkan kemampuan mengingat dan menggunakan kosakata baru, mendorong keterlibatan mandiri dan aktif, serta meningkatkan motivasi siswa. Buku audio menyediakan konteks naratif yang kaya, sementara permainan kata digital memungkinkan interaksi dan praktik aktif. Studi ini berkontribusi pada pemahaman tentang efektivitas pendekatan multimodal dalam pembelajaran kosakata EFL, memperkuat teori pembelajaran multimedia dan menyoroti pentingnya keterlibatan aktif dalam pemerolehan bahasa. Implikasi praktis meliputi integrasi sumber daya multimodal dalam instruksi kosakata dan pengembangan materi pembelajaran bahasa.Keterbatasan penelitian mencakup ukuran sampel yang terbatas dan durasi studi yang singkat. Rekomendasi untuk penelitian masa depan termasuk studi longitudinal dan eksplorasi kombinasi modalitas lainnya dalam pembelajaran kosakata.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024