JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Kolaborasi, dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Menggunakan Model PITA pada Siswa Kelas V SDN Pemurus dalam 2 Banjarmasin

Nova Zulaika (Universitas Lambung Mangkurat)
Aslamiah Aslamiah (Universitas Lambung Mangkurat)
Celia Cinantya (Universitas Lambung Mangkurat)
Rizky Amelia (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di SDN Pemurus 2 Banjarmasin keterampilan siswa juga masih kurang yang membuat pembelajaran menjadi kurang bermakna, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai. Tujuan penelitian ialah menganalisis peningkatan hasil belajar, keterampilan kolaborasi, serta aktivitas pada mapek IPA penggunaan PITA sebagai model di SDN Pemurus 2 Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan ialah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pada hasil belajar mengalami peningkatan pada tiga aspek (kognitif, psikomotorik, dan afektif) secara berkala. Peningkatan keterampilan kolaborasi memiliki persentase menjadi 88,00% yang sebelumnya adalah 44,00%. Peningkatan aktivitas siswa menjadi 94,00% yang sebelumnya ialah 38,00%. Selanjutnya peningkatan aktivitas guru diperoleh menjadi 100% dari yang sebelumnya memiliki persentase 71,00%. Simpulan yang diambil berdasarkan paparan diatas ialah penggunaan model PITA pada siswa SDN Pemurus Dalam 2 mampu meningkatkan hasil belajar, keterampilan kolaborasi, serta aktivitas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...