Permasalahan yang dihadapi di SDN Pemurus 2 Banjarmasin keterampilan siswa juga masih kurang yang membuat pembelajaran menjadi kurang bermakna, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai. Tujuan penelitian ialah menganalisis peningkatan hasil belajar, keterampilan kolaborasi, serta aktivitas pada mapek IPA penggunaan PITA sebagai model di SDN Pemurus 2 Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan ialah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pada hasil belajar mengalami peningkatan pada tiga aspek (kognitif, psikomotorik, dan afektif) secara berkala. Peningkatan keterampilan kolaborasi memiliki persentase menjadi 88,00% yang sebelumnya adalah 44,00%. Peningkatan aktivitas siswa menjadi 94,00% yang sebelumnya ialah 38,00%. Selanjutnya peningkatan aktivitas guru diperoleh menjadi 100% dari yang sebelumnya memiliki persentase 71,00%. Simpulan yang diambil berdasarkan paparan diatas ialah penggunaan model PITA pada siswa SDN Pemurus Dalam 2 mampu meningkatkan hasil belajar, keterampilan kolaborasi, serta aktivitas.
Copyrights © 2024