JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Efektivitas Penggunaan Media Youtube 5-Minute Crafts Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 02 Bonjol Kabupaten Pasaman

Putri, Diana (Unknown)
Abdurahman, Abdurahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media youtube 5-minute crafts terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 02 Bonjol Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen the one group pretest-posstest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 02 Bonjol Kabupaten Pasaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 149 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII Fase D3 yang berjumlah 31 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 02 Bonjol Kabupaten Pasaman sebelum menggunakan media youtube 5-minute crafts berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 64,52. Kedua, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 02 Bonjol Kabupaten Pasaman sesudah menggunakan media youtube 5-minute crafts berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 81,59. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (HI) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n1 + n2)-2 karena thitung>ttabel (5,12 >1,67). Dengan kata lain, media youtube 5-minute crafts efektivitas terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 02 Bonjol Kabupaten Pasaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...