Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis pengaruh pendekatan RME berbantuan media Adu Baku terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik dan menganalisis pemahaman konsep matematis peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan RME berbantuan media Adu Baku lebih baik dibandingkan peserta didik yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Sampel yang digunakan 46 peserta didik dengan 23 orang di kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan 23 orang di kelas IVA sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh dari penggunaan pendekatan RME sebesar 49,2%. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pendekatan RME memiliki pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis. Pada Interpretasi rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen dan Kelas Kontrol terdapat dalam kriteria sedang dan terdapat peningkatan dalam pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan pendekatan RME dengan selisih sebesar 0,194. Sehingga Pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan pendekatan RME lebih baik dengan model pembelajaran konvensional.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024