JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbantuan Media Pembelajaran Adu Baku terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar

Nabilah Azhar (Universitas Pendidikan Indonesia)
Puji Rahayu (Universitas Pendidikan Indonesia)
Hafiziani Eka Putri (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis pengaruh pendekatan RME berbantuan media Adu Baku terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik dan menganalisis pemahaman konsep matematis peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan RME berbantuan media Adu Baku lebih baik dibandingkan peserta didik yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Sampel yang digunakan 46 peserta didik dengan 23 orang di kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan 23 orang di kelas IVA sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh dari penggunaan pendekatan RME sebesar 49,2%. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pendekatan RME memiliki pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis. Pada Interpretasi rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen dan Kelas Kontrol terdapat dalam kriteria sedang dan terdapat peningkatan dalam pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan pendekatan RME dengan selisih sebesar 0,194. Sehingga Pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan pendekatan RME lebih baik dengan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...