Salah satu kemampuan pembelajaran yang harus dikuasai siswa di sekolah dasar adalah pembelajaran matematika. Maka dari itu dengan peran penting dari matematika, segala masalah dalam pembelajaran matematika harus segera diatasi supaya siswa sudah meguasai ilmu matematika sejak sekolah dasar. Berdasarkan hasil observasi awal untuk menangani masalah rendahnya hasil belajar yang terjadi di kelas IV SD Muhammadiyah 4 Surakarta penulis menawarkann solusi dengan menerapkan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Pendekatan TaRL merupakan pendekatan pembelajara yang memiliki ke fleksibelitasan. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 4 Surakarta yang berjumlah 22 siswa . Data penelitian dikumpulkan dengan berbagai teknik yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data pada siklus 1 dan 2 adalah menganalisis data hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dimana dapat dilihat bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dari pra siklus ke siklus I belum mengalami peningkatan dan masih dalam kategori rendah. Kemudian dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 36,5 dengan kategori hasil belajar sedang. Selain itu untuk meningkatkan hasil belajar guru perlu menginovasi dari kelompok yang disesuaikan dengan kemampuan menjadi kelompok heterogen.
Copyrights © 2024