Latar belakang yang mendasari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi model concept sentence berbantu kartu kuartet pada siswa kelas V SD Negeri Bugangan 02 Semarang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bugangan 02 Semarang sebagai kelas eksperimen yang memiliki jumlah 26 siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan Pre Experimental Design bentuk one pretest-posttest design. Design ini terdapat pretest, sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah adanya perlakuan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran model concept sentence berbantu kartu kuartet dikatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas V SD Negeri Bugangan 02 Semarang. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh rata-rata nilai posttest siswa kelas V sebesar 78,13 pada pembelajaran setelah diberi perlakuan dengan model concept sentence berbantu media kartu kuartet lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai pretest sebesar 59,13 sebelum diberi perlakuan dengan model concept sentence berbantu media kartu kuartet dan persentase ketuntasan belajar sesudah diberi perlakuan sebesar 84%.
Copyrights © 2024