JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menciptakan Tari Dari Permainan Tradisional Engrang Menggunakan Model Project Based Learning di Kelas IV SDN 05 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat

Annisa Ukhaira, Surya (Unknown)
Desyandri, Desyandri (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran seni tari menggunakan model project based learning. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2x pertemuan, dan siklus II terdiri dari 2x pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 18 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar seni tari dari siklus I ke siklus II yaitu: a) Penilaian modul ajar siklus I mendapatkan ratarata 84,7% dan meningkat pada siklus II mendapatkan rata-rata 95,8%, b) Aspek aktivitas guru pada siklus I mendapatkan rata-rata 85,3% dan meningkat pada siklus II menjadi 93,7%, c) Aspek peserta didik pada siklus I mendapatkan ratarata 84,3 dan meningkat pada siklus II menjadi 94,7%, d) Penilaian hasil belajar pada siklus I mendapatkan rata-rata 75,1% dan meningkat pada siklus II menjadi 85%. Dengan demikian pembelajaran seni tari menggunakan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...