Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran seni tari menggunakan model project based learning. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2x pertemuan, dan siklus II terdiri dari 2x pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 18 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar seni tari dari siklus I ke siklus II yaitu: a) Penilaian modul ajar siklus I mendapatkan ratarata 84,7% dan meningkat pada siklus II mendapatkan rata-rata 95,8%, b) Aspek aktivitas guru pada siklus I mendapatkan rata-rata 85,3% dan meningkat pada siklus II menjadi 93,7%, c) Aspek peserta didik pada siklus I mendapatkan ratarata 84,3 dan meningkat pada siklus II menjadi 94,7%, d) Penilaian hasil belajar pada siklus I mendapatkan rata-rata 75,1% dan meningkat pada siklus II menjadi 85%. Dengan demikian pembelajaran seni tari menggunakan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2024