Pelaksanaan Praktik Lapangan Kependidikan memberi mahasiswa kesempatan untuk menerapkan keterampilan dan teori pendidikan yang telah dipelajari selama kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana guru pamong menilai keterampilan mengajar mahasiswa Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) Pendidikan Geografi di Kota Bukittinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 6 guru pembimbing yang berasal dari SMA dan MAN di Kota Bukittinggi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, persepsi guru pembimbing terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PLK Pendidikan Geografi sudah baik, tetapi masih memerlukan peningkatan pada berbagai aspek keterampilan mengajar. Berikut adalah rinciannya: (1) Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik. (2) Keterampilan menjelaskan sudah cukup baik, namun perlu ditingkatkan, termasuk penguasaan materi. (3) Keterampilan bertanya cukup baik dengan pertanyaan yang relevan, tetapi masih perlu perbaikan dalam pemberian acuan. (4) Keterampilan mengadakan variasi sudah baik, terlihat dari variasi gaya mengajar, penggunaan media, dan interaksi. (5) Keterampilan memberikan penguatan sudah diterapkan dengan baik, terlihat dari penguatan verbal dan non-verbal. (6) Keterampilan mengelola kelas masih perlu ditingkatkan, karena mahasiswa tampak bingung dan kewalahan menghadapi perilaku siswa. (7) Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan sudah dilaksanakan dengan baik. (8) Keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil sudah baik, dengan kemampuan mahasiswa membimbing secara efektif. Semua keterampilan mengajar ini sangat penting bagi seorang guru, sehingga perlu ditingkatkan agar mahasiswa dapat menjadi guru yang profesional.
Copyrights © 2024