JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penggunaan Metafora dalam Lirik Lagu Karya Melly Goeslaw

Nurul, Nurul (Unknown)
Sunarsih, Eti (Unknown)
Zulfahita, Zulfahita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metafora dari metafora antropomorfis, metafora binatang, metafora dari konkret abstrak, dan metafora sinaestetik dalam lirik lagu karya Melly Goeslaw. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data tertulis yang berupa lirik lagu karya Mellya Goeslaw. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi dokumenter dan teknik catat. Data dalam penelitian ini berupa kata dan kalimat yang berkenaan dengan penggunaan metafora dalam lirik lagu karya Melly Goeslaw. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metafora dalam lirik lagu karya Melly Goeslaw meliputi metafora antropomorfis, metafora binatang, metafora dari konkret ke abstrak, dan metafora sinaestetik. Terdapat 85 data yang berkenaan dengan penggunaan metafora meliputi (1) Metafora Antropomorfis dalam lirik lagu karya Melly Goeslaw terdapat jumlah hasil temuan sebanyak 27 data. (2) Penggunaan metafora dari jenis metafora binatang dalam lirik lagu karya Melly Goeslaw terdapat jumlah hasil temuan sebanyak 10 data. (3) Metafora dari konkret ke abstrak terdapat jumlah hasil temuan sebanyak 18 data. (4) Penggunaan metafora dari jenis metafora sinaestetik dalam lirik lagu Melly Goeslaw terdapat jumlah hasil temuan sebanyak 30 data. (5) Penelitian ini diimplementasikan berdasarkan kurikulum 2013 kelas X tingkat SMA semester genap KD 3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi. KD 4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...