PeneIitian ini bertujuan untuk mengembangkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampiIan berpikir kritis dan hasiI beIajar meIaIui penerapan modeI Problem Based Learning dan Numbered Head Together dengan Pendekatan TPACK. PeneIitian ini merupakan PeneIitian Tindakan KeIas yang diIakukan daIam 3 pertemuan dengan 23 siswa di keIas V SDN Manarap Baru Kabupaten Banjar seIama tahun peIajaran 2023/2024. HasiI PeneIitian menunjukkan adanya perkembangan yang signifikan pada setiap aspek yang diteIiti: aktivitas guru mendapatkan skor 30 dengan kriteria “sangat baik”, aktivitas siswa mencapai kriteria “sangat aktif” dengan persentase 96%, kemampuan berpikir kritis memperoIeh kriteria “sangat terampiI” dengan persentase 96% dan terdapat peningkatan hasiI beIajar siswa secara individuaI maupun klasikaI. Temuan ini mengindikasi bahwa penerapan modeI Problem Based Learning dan Numbered Head Together dengan Pendekatan TPACK efektif daIam meningkatkan keterampiIan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2024