JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Berbantuan Geogebra Materi Persamaan Garis Singgung Lingkaran Kelas X SMK

Mina Tika Selviana (Universitas PGRI Semarang)
Nizaruddin Nizaruddin (Universitas PGRI Semarang)
Murgiwati Murgiwati (SMK Yayasan Pharmasi Semarang)
Achmad Buchori (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK Yayasan Pharmasi Semarang selama sekitar 3 bulan, dari bulan Maret 2024 hingga bulan Mei 2024. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X PH-2 pada semester 2 tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengukur pemahaman konsep siswa-siswi sebelum, selama, dan setelah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CRT berbantuan GeoGebra dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Temuan ini konssisten dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa pendekatan CRT dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...