Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena di lapangan bahwa masih ada guru BK yang belum menguasai bagaimana pelaksanaan layanan BK di sekolah dan guru BK melaksanakan tugas-tugas non BK. Oleh karena itu masih banyak layanan BK yang tidak terlaksana sesuai SOP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran self efficacy guru BK SMPN ditinjau dari aspek level, strenght dan generality. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian terdiri dari 36 guru BK SMPN yang ada di Kecamatan Koto Tangah tahun ajaran 2023/2024. Penetapan sampel menggunakan sampel jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert yakni kusioner self efficacy yang sudah diuji validitas dengan rumus pearson correlation (0,361) dan diuji reliabilitas dengan rumus cronbach’s alfa (0,686). Pengolahan data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy guru BK SMPN di Kecamatan Koto Tangah yang terbanyak berada pada kategori tinggi yakni dengan persentase 72% yang terdiri dari; (1) self efficacy aspek level berada pada kategori tinggi dengan persentase 69%, (2) self efficacy aspek strenght berada pada kategori tinggi dengan persentase 69%, (3) self efficacy aspek generality berada pada kategori sedang dengan persentase 47%.
Copyrights © 2024