Technological developments in an increasingly advanced era make very important needs for the community, at this time the government is required to make the fulfillment of services that can satisfy the community by utilizing technological developments and encouragement from the community to provide better services. This study aims to determine whether the simaniz application has operated effectively and openly in providing public services. This research examines the implementation of online service programs that contain data, understanding of technology, and also wider access that can also be reached easily. Qualitative research conducted with field observations and interviews with several informants. The focus of this research is on the users of the simaniz application as well as the implementors who are responsible for the implementation of the simaniz application. The results of this study are that the community, especially in the Bojonegoro district area, can use non-business and non-licensing services easily by using the simanis application, the community feels comfortable in using electronic services because they can access anywhere and the requirements in it are not too complicated. The public can also find out and monitor how far the submission has been processed.AbstrakPerkembangan teknologi di era yang semakin maju menjadikan kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat, disaat ini pemerintah di tuntut untuk menjadikan pemenuhan pelayanan yang dapat memuaskan masyarakat dengan memanfaatkan dari perkembangan teknologi dan dorongan dari masyarakat untuk melakukan pelayanan yang lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah aplikasi simaniz telah beroperasi secara efektif dan terbuka dalam memberikan layanan publik. Pengkajian penelitian ini pada program pelaksanaan pelayanan dengan online yang memuat data, pemahaman teknologi, dan juga akses yang semakin luas juga dapat dijangkau dengan mudah. Penelitian kualitatif yang dilaksanakan dengan pengamatan di lapangan dan wawancara dengan bebeapa informan. Fokus penelitian ini yaitu kepada pengguna aplikasi simaniz juga kepada implementor yang bertanggungjawab atas pelaksanaan aplikasi simaniz. Hasil dari penelitian ini yaitu masyarakat khususnya pada daerah Kabupaten Bojonegoro dapat menggunakan pelayanan non bisnis dan non perizinan secara mudah dengan menggunakan aplikasi simanis, masyarakat merasakan kenyamanan dalam penggunaan pelayanan elektronik karna dapat mengakses dimanapun dan persyaratan yang ada didalamnya tidak telalu ribet. Masyarakat juga dapat mengetahui dan mengawasi sampaimana pengajuan yang telah diproses.
Copyrights © 2024