JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Improving Midwife Student’s Speaking Ability Through Role-Play Technique at Universitas Mercubaktijaya

Firdaus, Firdaus (Unknown)
Earnestly, Femi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa kebidanan perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa kebidanan Universitas Mercubaktijaya melalui teknik bermain peran pada aspek kelancaran dan pelafalan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus dan jumlah mahasiswa 31 orang. Desain penelitian terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa pada aspek kelancaran dan pelafalan. Pada pre-test, post-test 1 dan post-test 2 diperoleh kelancaran 1,81, 2,25, 3,16 dan pada pelafalan masing-masing 1,74, 2,22, 3,13. Terjadi peningkatan pada kedua siklus yaitu pada kelancaran 1,35 dan pada pelafalan 1,39. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penerapan teknik bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa kebidanan pada aspek kelancaran dan pelafalan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...