Kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa kebidanan perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa kebidanan Universitas Mercubaktijaya melalui teknik bermain peran pada aspek kelancaran dan pelafalan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus dan jumlah mahasiswa 31 orang. Desain penelitian terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa pada aspek kelancaran dan pelafalan. Pada pre-test, post-test 1 dan post-test 2 diperoleh kelancaran 1,81, 2,25, 3,16 dan pada pelafalan masing-masing 1,74, 2,22, 3,13. Terjadi peningkatan pada kedua siklus yaitu pada kelancaran 1,35 dan pada pelafalan 1,39. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penerapan teknik bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa kebidanan pada aspek kelancaran dan pelafalan.
Copyrights © 2024