Artikel ini bertujuan untuk 1) Menganalisis perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan konvensional, 2) Menganalisis perbandingan hasil belajar siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi dan rendah, dan 3) Menganalisis interaksi antara model pembelajaran Teams Games Tournament dan Konvensional dengan keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA N 1 Guguak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang belum optimal, metode pembelajaran yang kurang bervariasi serta kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasinya adalah siswa kelas XI di SMA N 1 Guguak. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan sampel yang terpilih adalah kelas XI Moving Class E2 sebagai kelas eksperimen dan XI Moving Class E4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan angket untuk keaktifan siswa dan tes objektif untuk hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan induktif menggunakan “ANOVA dua arah”. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe teams games tournament dengan konvensional, 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang lebih aktif dengan siswa yang kurang aktif, 3) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dan konvensional dengan keaktifan siswa.
Copyrights © 2024