JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Gambar Cetak Terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri 1 Payakumbuh Sumatera Barat

Wilia Putri, Wilan (Unknown)
Ernawati, Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Gambar Cetak Terhadap Kemampuan Hasil Belajar Siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif eksperimen jenis quasi eksperimental. Penelitian ini dilikasanakan di SMA Negeri 1 Payakumbuh, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Penelitian ini menemukan terdapatnya pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Gambar Cetak terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi. Dibuktikan dengan hasil uji N Gain skor kelas eksperimen 0,77 berkategori tinggi dan kelas kontrol 0,64 berkategori sedang. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang tinggi pada kelas eksperimen dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Gambar Cetak dibandingkan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol. Diperkuat oleh hasil uji hipotesis (uji t) diperoleh Thitung (3,68) > Ttabel (2) dengan taraf signifikan a = 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian hasil penelitian ini sesuai dengan hipotesi yang diajukan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...