Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Gambar Cetak Terhadap Kemampuan Hasil Belajar Siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif eksperimen jenis quasi eksperimental. Penelitian ini dilikasanakan di SMA Negeri 1 Payakumbuh, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Penelitian ini menemukan terdapatnya pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Gambar Cetak terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi. Dibuktikan dengan hasil uji N Gain skor kelas eksperimen 0,77 berkategori tinggi dan kelas kontrol 0,64 berkategori sedang. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang tinggi pada kelas eksperimen dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Gambar Cetak dibandingkan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol. Diperkuat oleh hasil uji hipotesis (uji t) diperoleh Thitung (3,68) > Ttabel (2) dengan taraf signifikan a = 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian hasil penelitian ini sesuai dengan hipotesi yang diajukan.
Copyrights © 2024