JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Strategi Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Agama di Madrasah

Nasution, Karnada (Unknown)
Hutabarat, Fitri Zakiah (Unknown)
Husna, Nurhidayah (Unknown)
Siregar, Wiranto (Unknown)
Hasibuan, Azhar Mahmud (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Moderasi beragama merupakan program yang dicanangkan Kementerian Agama sebagai upaya menciptakan harmonisasi kehidupan antar umat beragama di Indonesia. Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam yang berada di bawah naungan Kementerian Agama perlu memfasilitasi terwujudnya nilai-nilai moderasi beragama dalam perkataan dan perilaku setiap warga madrasah khususnya siswa. Siswa di madrasah diharapkan mampu menerapkan sikap moderat dalam kehidupan. Beberapa sikap moderat yang dimaksud adalah memiliki sikap toleransi terhadap perbedaan suku, ras, budaya, bahasa, atau kepercayaan, menghargai perbedaan pendapat orang lain, tidak bersikap anarkis, ekstremisme, dan tidak mempunyai pandangan radikal (radikalisme) atau liberalisme. Dalam mewujudkan sikap moderat (wasathiyah) pada siswa perlu diterapkan dengan strategi yang tepat. Ada beberapa strategi penguatan nilai-nilai moderasi beragama, seperti penyediaan tenaga pendidik yang moderat, kepedulian terhadap keberagaman setiap warga madrasah, membangun pemahaman siswa terhadap konsep dan sikap moderasi beragama, serta merancang kurikulum moderasi beragama yang akomodatif. Dengan strategi tersebut, diharapkan madrasah dapat menjadi lembaga teladan dalam moderasi beragama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...