JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Efektifitas Kader Muhammadiyah dalam Membumikan Islam Rahmatan Lil Alamin dengan Pendekatan Budaya

Rahmawati, Nissa (Unknown)
Sari, Yayu Intan (Unknown)
Ananto, Muh. Aldi Musbaq (Unknown)
Haris, Dahlan Al (Unknown)
Astuti, Astuti (Unknown)
Gazalin, Junaid (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas peran kader Muhammadiyah dalam membumikan Islam rahmatan lil alamin dengan pendekatan budaya. Dalam konteks ini, Islam rahmatan lil alamin ditekankan sebagai konsep yang inklusif, menyebarkan pesan perdamaian, keadilan, dan kasih sayang kepada seluruh alam semesta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, melibatkan wawancara mendalam dengan kader Muhammadiyah yang aktif di berbagai bidang kegiatan keagamaan dan budaya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kader Muhammadiyah memiliki peran yang signifikan dalam membawa konsep Islam rahmatan lil alamin ke dalam kehidupan sehari-hari masyarakat melalui pendekatan budaya. Mereka menggunakan budaya lokal sebagai sarana untuk menyebarkan nilai-nilai Islam yang inklusif dan mempromosikan kerukunan antarumat beragama. Selain itu, kader Muhammadiyah juga menggunakan media sosial dan kegiatan keagamaan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang konsep Islam rahmatan lil alamin. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memperkuat peran kader Muhammadiyah sebagai agen perubahan sosial yang mempromosikan Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta dengan mengadopsi pendekatan budaya yang relevan dengan konteks lokal. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya mendukung dan memperkuat peran kader Muhammadiyah dalam membumikan Islam rahmatan lil alamin melalui penguatan pendekatan budaya dalam dakwah dan kegiatan sosial keagamaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...