JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Anteseden dan Konsekuensi Perceived Influence

Alisha Tsaabithahasna Wahyudi (Universitas Trisakti)
Aiman Zharfani Siregar (Universitas Trisakti)
Adilla Triamanda (Universitas Trisakti)
Fatik Rahayu (Universitas Trisakti)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Pengaruh influencer media sosial terhadap niat pembelian konsumen, dengan fokus pada peran keterikatan emosional (emotional attachment), nilai informasi yang dirasakan (perceived information value), dan komunikasi word-of-mouth positif (positive WOM communication). Menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini melibatkan analisis data dari survei terhadap pengguna media sosial yang aktif mengikuti influencer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterikatan emosional memiliki pengaruh signifikan terhadap perceived influence, yang selanjutnya mempengaruhi komunikasi WOM positif dan niat untuk membeli merek yang direkomendasikan oleh influencer. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pemasar untuk meningkatkan strategi pemasaran melalui optimalisasi peran influencer dalam menciptakan keterikatan emosional dan nilai informasi yang kuat, serta memanfaatkan komunikasi WOM positif untuk mendorong niat beli konsumen. Penelitian ini juga memberikan implikasi manajerial bagi brand dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif dan menyarankan penelitian lanjutan untuk mengatasi keterbatasan yang ada.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...