JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Dapartemen Matematika FMIPA UNP Dengan Pendekatan Metode CHAID

Rizky Rahayu, Silvi (Unknown)
Murni, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Tolak ukur dalam capaian prestasi akademik mahasiswa dapat dilihat dari indeks prestasi kumulatif yang diperoleh selama menjalani masa perkuliahan di perguruan tinggi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi IPK mahasiswa dan untuk mengetahui klasifikasi IPK mahasiswa berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini adalah penelitian terapan dengan menggunakan data primer yang berdasarkan hasil kuesioner mahasiswa Dapartemen matematika FMIPA UNP tahun masuk 2021, yaitu sebanyak 247 mahasiswa. Metode yang digunakan untuk mengevaluasi hubungan antara variabel dependen kategorik (IPK) dan variabel independen kategorik (faktor-faktor yang mempengaruhi IPK) adalah metode CHAID. Faktor yang mempengaruhi IPK yaitu disiplin dalam belajar, konsentrasi dalam belajar, manajemen waktu, percaya diri, pergaulan teman sebaya, menerima beasiswa, aktif organisasi, dan faktor ekonomi. Berdasarkan analisis CHAID, didapatkan diagram pohon yang terdiri dari 7 kelompok dan 4 variabel independen yang berpengaruh signifikan terhadap IPK mahasiswa yaitu konsentrasi dalam belajar, menerima beasiswa, percaya diri, dan manajemen waktu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...